05 August 2011

Kegiatan Selama Bulan Puasa


Alhamdulillah udah 5 hari puasa nih. Bulan puasa ini tidak ada kegiatan yang begitu berarti, sama seperti tahun-tahun yang lalu makanya kadang saya suka merasa bosan. Lagi libur kuliah juga, masuk lagi setelah lebaran (karena tidak punya banyak kegiatan makanya harus memperbanyak ibadah!)

Ngapain aja di bulan puasa?
  • sahur
    Selama lima hari ini, alhamdulillah selalu sahur. Supaya kuat dan nggak lemas pas puasa bagi saya sahur itu wajib! dan nggak pernah ketinggalan selalu minum 2 sendok madu. Minum madu pas sahur dapat menjaga stamina tubuh.

    • tidur, nonton, online 
    Kerjaan yang paling sering dilakukan yaa ini: tidur-nonton-online. Biasanya tidur beberapa jam setelah shalat tarawih dan shalat subuh. kalau siang saya suka nonton infotainment berita. kadang juga nonton sinetron sambil menunggu waktu berbuka. Yang paling rajin dilakukan adalah online, FB-an atau twitter-an (kalau lagi ada pulsa). Nggak penting yaa?

    • ngabuburit
    Kalau ditanya mau kemana menjelang buka puasa pasti dengan spontan kita jawab mau ngabuburit. Kata ngabuburit sendiri berasal dari bahasa sunda yang berarti senja. Bila istilah ini dikaitkan dengan berbuka puasa maka ngabuburit kurang lebih dapat diartikan sebagai menanti berbuka puasa. Kalau pas ngabuburit biasanya saya senang jalan-jalan santai sama teman atau keluarga sambil cari jajanan untuk berbuka. Di Aceh, sore hari ketika bulan puasa pasti di pinggiran jalan ramai dengan orang-orang yang jualan makanan untuk berbuka, makanan yang dijual pun berbagai macam. Ngabuburit ke tempat-tempat wisata sembari menunggu waktu berbuka sebenarnya juga asyik loh, nanti di coba ah ^_^


    • buka puasa bersama
    Selain biasanya buka puasa bersama keluarga di rumah, ketika bulan puasa pasti ada ajakan dari teman-teman untuk buka puasa bersama. baik itu dari teman baru maupun teman lama. Senangnya jika kita bisa berkumpul kembali sama teman-teman yang sudah lama tidak bertemu, misalnya teman jaman sekolah dulu. Buka puasa bersama sambilan reuni. :)

    • shalat tarawih berjamaah di masjid
    Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan ini adanya shalat tarawih. Selain menambah pahala dengan beribadah mengerjakan shalat tarawih berjamaah di masjid, kadang bisa bertemu dengan tetangga yang biasanya jarang bertemu lantaran mereka sibuk dengan urusan masing-masing. Ketemu dengan teman-teman ngaji satu TPA dulu juga, senangnyaa bisa menjalin silaturrahmi kembali :)


    • asmara subuh
    Kalau mungkin banyak anak muda memilih jalan-jalan nggakjelas setalah shalat subuh, saya sendiri lebih milih melanjutkan tidur. zZ


    Nah, itu lah beberapa kegiatan yang biasa saya dilakukan di bulan puasa. Mudah-mudahan puasa hari-hari berikutnya bisa lancar tanpa godaan apapun. Amin :)

    6 comments:

    1. dek, sx2 coba olahraga sore, jogging or bersepeda gt slama puasa, jg asyik lho! kan membuat daya tahan tubuh lebih kuat. koz sambil puasa sambil olahraga, jd olahraga pagi ga cm asmara subuh aja :D. hehehe

      ReplyDelete
    2. @kk Dhe: iyaa kak, udah lama libur ga pernah olahraga ni, hhe. makasih sarannya :D

      @Anonim: baiklah, jika ada :)

      ReplyDelete
    3. Eh... itu foto mesjid yang paling atas (yang ada tulisan)musalla di Bitai, makam komplek makam Sultan Salahuddin ya?

      ReplyDelete