31 May 2011

Road to Ujung Pancu

Di bawah ini adalah foto-foto di Ulee-Lheue, jalan menuju ke Ujung Pancu. Bagi yang suka memancing, kawasan ini pasti udah nggak asing lagi. Ujung Pancu itu sendiri adalah bagian paling ujung dari Pulau Sumatera yang merupakan wilayah dari Kabupaten Aceh Besar yang berjarak sekitar 20 KM dari kota Banda Aceh. Kalau weekend sore, tempat ini pasti ramai didatangi sama anak-anak muda (kebanyakan anak smp-sma). Tapi nggak cuma anak muda, ada keluarga juga kok, mereka-mereka yang suka memancing dan ingin menikmati hembusan angin laut dari Ulee-Lheue pasti suka berkunjung kesini



30 May 2011

Pasar Aceh Shopping Centre

Kemarin, sepulang dari kampus, aku dan Sonia jalan-jalan ke pasar Aceh Shopping Centre yang letaknya di jalan Diponegoro. Pasar ini merupakan pusat perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya. Di pasar ini kebanyakan menjual kebutuhan pangan seperti pakaian, sepatu, tas, dan perhiasan.
 

Kami mengambil beberapa photo disini:

29 May 2011

Aku suka Ayam Lepaas

Banyak makanan dari Aceh yang aku suka, salah satu yang termasuk favoritku adalah Ayam Lepaas. Namanya aneh kan? ini sebenarnya nama sebuah resto di Banda Aceh yang menyediakan berbagai makanan yang enak enak seperti Ayam Lepaas, ayam lemaas, Lele, tumis kangkung dan makanan enak lainnya :D

Ayam lepaas pada dasarnya ya ayam goreng yang ditambah dengan sambal khas pemilik warung. Sambalnya pedas sampai sampai bisa mengeluarkan air mata kalau lagi makan dengan sambal ini. Bagi kalian yang kurang suka pedas, bisa milih ayam lemaas yang sambalnya lebih manis :)

Harganya juga pas dengan kantong mahasiswi seperti aku, hehe. Di tempat ini juga menyediakan Mushala dan tempat bermain anak. 


Di Banda Aceh ada 4 tempat dimana kita bisa menemukan Ayam Lepaas ini, yaitu di:

25 May 2011

Banda Aceh City Expo


Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) akan menyelenggarakan rapat kerja nasonal dan City Expo tahun 2011, dimana Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai panitia penyelenggaranya. Kota Banda Aceh terletak di ujung pulau Sumatera yang mana salah satu kota dari 5 kota yang terdapat dalam provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan merupakan ibu kota provinsi. Letak wilayah yang strategis yang berhadapn dengan Selat Malaka merupakan potensi besar sebagai sumber daya alam baik flaura-fauna, pariwisata, pelabuhan penyebrangan dan perikanan untuk peningkatan perekonomian masyarakat Kota Banda Aceh yang dulu bernama Kutaraja.

24 May 2011

Festival Peunayong dan Krueng Aceh


Sebuah kampung tua di tepi Sungai Krueng Aceh yang dikenal dengan sebutan “Peunayong” memiliki sejarah panjang sebagai kota perdagangan yang dihuni mayoritas masyarakat Tionghoa. Romantika kultural yang damai, hangat, dan bersahabat antara komunitas Tionghoa dengan masyarakat Aceh di tempat ini terejewantahkan dalam Festival Peunayong dan Krueng Aceh. 

22 May 2011

Ulee-lheue Corner


Tempat wisata kuliner simpang tiga Ulee lheue atau yang lebih dikenal anak-anak muda Banda Aceh dengan sebutan Ulee lheue Corner ini adalah salah satu tempat yang asyik buat hangout bareng teman-teman atau berkumpul bersama keluarga.



21 May 2011

Kuburan Massal

Kuburan massal adalah makam yang berisi lebih dari satu jenazah yang seringkali tak dikenal. Kuburan massal biasanya diciptakan setelah sejumlah besar orang meninggal atau dibunuh/terbunuh ketika perang atau bencana alam misalnya, dan jenazahnya perlu dengan segera dikuburkan. Di Aceh ada beberapa tempat yang dijadikan sebagai kuburan massal tempat dimakamkannya korban-korban tsunami tahun 2004 silam. Diantaranya adalah:

  • Kuburan Massal Siron (Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda, kec Ingin Jaya, Aceh Besar)

20 May 2011

[Lyric] Do Do Daidi

Allah hai  dodo da idi
Boh gadong bi boh kayee uteun
Rayeuk sinyak hana peu mak bri
Ayeb ngon keuji ureung donya keun

18 May 2011

Budaya, Seni, dan Islam di Aceh

Budaya Aceh menyatu dengan Islam. Budaya Aceh juga dikenal sebagai salah satu budaya besar di dunia. Tercatat sebelum terjadinya reformasi yang mengakhiri era abad pertengahan di Eropa, para ahli reformasi dari sana datang berguru ke Nanggroe Aceh untuk mempelajari sistem budaya Aceh.

Ketika itu, bangsa Eropa masih dalam keadaan gelap gulita dalam hal budaya. Sementara itu di Aceh telah berdiri sebuah kerajaan yang maju yaitu Kerajaan Samudera Pasai, dengan rajanya yang pertama yang masuk Islam, Sultan Malikul Saleh. Bahkan kerajaan ini pernah diperintah oleh perempuan yaitu Ratu Nur’ilah dan Ratu Nahrisyah. Rajanya yang terbesar adalah Sultan Iskandar Muda, sedangkan tokoh penyebar agama Islam yang terkemuka diantaranya Syaikh Abdurrauf atau yang lebih dikenal dengan sebutan

17 May 2011

SMA Lab School UNSYIAH

Senin ini adalah hari pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat. Tentunya para siswa yang nanti dinyatakan lulus diharapkan melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas (SMA). Dan saya sebagai alumni pertama sekolah ini dengan bangga merekomendasikan kepada para siswa lulusan SMP sederajat untuk mengikuti tes penerimaan siswa baru di SMA Labschool Unsyiah, Banda Aceh.

Pasca gempa bumi dan tsunami yang menghantam sebagian besar wilayah pesisir Provinsi NAD pada tanggal 26 Desember 2004, USINDO (The United Stated Indonesia Society) yaitu perkumpulan masyarakat Indonesia Amerika membangun sebuah SMA Model bagi Aceh yang dinamakan SMA Lab School Unsyiah. Sekolah ini dirancang oleh ahli arsitek Unsyiah, ruangannya besar dengan cahaya dan udara yang sangat alami, laboratorium IPA, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa serta perpustakaan dan auditorium serba guna. Sekolah ini adalah sekolah pertama di Banda Aceh yang menerapkan sistem moving class, jadi para siswa tidak akan bosan berada di ruangan kelas karena setiap mata pelajaran memiliki ruangan yang berbeda dengan suasana yang berbeda pula.

16 May 2011

Lihat Video ini dong! :D

Bagi teman-teman yang tinggal di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar (yang punya TV :D) yang sering nonton Aceh TV ataupun Kutaraja TV pasti udah nggak asing lagi dengan video ini:


Video ini di sebar luaskan pada saat launching Visit Banda Aceh year 2011 di Kantor KeMenterian Pariwisata untuk promosi Kota BANDA ACEH. Video ini memperilhatkan keindahan kota Banda Aceh yang telah bangkit dari kemelut tsunami 6 tahun lalu. Jadi, bagi yang ingin liburan di tahun ini, kota Banda Aceh benar-benar layak dijadikan tujuan wisata.

Welcome to Banda Aceh :)

12 May 2011

Manusia dan Alam

Dari pembelajaran mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) di kampus ku pada rabu kemarin tentang Manusia dan Alam, dapat dikatakan bahwa manusia dan alam memiliki hubungan yang saling terkait seperti kaitan antara tanah dan air, langit dan bumi, dan siang dan malam. Di suatu tempat kalau manusianya baik maka alam akan baik pula. Karena alam bersahabat dengan manusia maka alam menjadi indah, bersih dan mempesona. Bersih dan kotornya alam ini tergantung pada manusia yang tinggal di dalamnya. Coba kita lihat di suatu tempat yang manusianya baik alamnya pun menjadi tenang tanpa gejolak apapun.

Menyadari kenyataan itu pastilah membuat kita bertanya apakah musibah tsunami yang Allah berikan merupakan ujian Allah bagi sekelompok umat-Nya?

10 May 2011

My Life My Adventure

Pasti udah pernah dengarkan judul postingan ini? Yeaah, ini adalah slogan dari sebuah iklan rokok, Djarum Super, milik PT Djarum yg merupakan sebuah perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Coba deh lihat iklan mereka ini:

09 May 2011

Kita: Generasi Penerus Aceh

Allah melimpahkan rahmat yang tidak terhingga kepada bumi Aceh. Ini bisa dibuktikan dari kekayaan alam yang melimpah, budaya, sejarah, dan ilmu pengetahuan yang dimiliki Aceh. Diantaranya yang menonjol adalah sejarah Kerajaan Samudera Pasai sebagai kerajaan Islam yang pertama di nusantara dan Asia Tenggara yang merupakan pusat ilmu pengetahuan, seni budaya, dan perdagangan yang ramai.

Kalau kita mengingat-ingat sejarah masa lalu, tentunya raja-raja yang pernah berkuasa di bumi Serambi Mekkah telah memberikan yang terbaik bagi generasi penerus dalam menjaga kehormatan martabat rakyat Aceh. Kita Juga patut bersyukur kepada mereka yang telah menciptakan sejarah yang hebat untuk kita renungi dan pahami sebagai generasi penerus. Oleh karena itu sudah sepantasnyalah kita meneruskan semangat para pendahulu dalam menegakkan kembali jati diri kita sebagai rakyat Aceh yang pernah jaya sebagai pusat ilmu pengetahuan, seni dan budaya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu dan menjunjung tinggi nilai-nilai sejarah. 

08 May 2011

Kids Rocks!


Kid Rocks Taman Sari merupakan tempat bermain anak yang ramai dikunjungi oleh masyarakat yang berada tidak jauh dari Mesjid Raya Kota Banda Aceh. Taman Sari merupakan salah satu tempat favorit di Kota Banda Aceh dengan fasilitas yang tersedia antara lain: mempunyai taman yang luas dan tertata rapi dengan aneka permainan gratis bagi anak-anak dan juga tersedia hotspot gratis sehingga setiap orang dapat mengakses internet serta di dukung oleh bangunan gedung untuk menunjang tempat ini sebagai pusat kegiatan masyarakat.

07 May 2011

Aceh Fair 2011


TEMA ACARA:  I LOVE PRODUK ACEH

HOSTED BY:
PEMERINTAH PROVINSI ACEH
DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN & KOPERASI  PROVINSI ACEH       
DINAS TENAGA KERJA & MOBILITAS PENDUDUK PROVINSI ACEH
BADAN INVESTASI DAN PROMOSI PROVINSI ACEH

ORGANIZED BY:
CV. JATRA SEJATI (J-PRO)
Jl. Singgah Mata No. 59 Blower, Banda Aceh
Telp/Fax          : 0811846090 / 0651 - 40402
Email               : jpro_eventconsultant@yahoo.com

TANGGAL JAM BUKA DAN TEMPAT ACARA:

06 May 2011

Go Green!

at Taman Kota near Krueng Aceh


Let's take some photos here:

05 May 2011

Kapal di Atas Rumah


Sebuah kapal yang terbawa gelombang tsunami dan terdampar di perumahan penduduk di kawasan Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.Situs ini tetap dipertahankan oleh pemerintah Kota Banda Aceh untuk mengenang musibah tsunami yang melanda kota Banda Aceh.

04 May 2011

Melanjutkan Perguruan Tinggi di Aceh

Kali ini mau berbagi info buat teman2 yang mau melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di Aceh, Banda Aceh khususnya. Di Aceh ada 2 perguruan tinggi negeri, yaitu Universitas Syiah Kuala (Banda Aceh) dan Universitas Malikul Saleh (Lhokseumawe) dan 1 Institut Agama Islam Negeri, yaitu IAIN Ar-Raniry. Saya sendiri sedang menempuh pendidikan di universitas yang sering disebut jantong hate (Jantung hati) rakyat Aceh, Universitas Syiah Kuala :)