29 March 2011

Ayam Tangkap :D


Sajian makanan yang satu ini amat menarik, yaitu ayam berbumbu yang digoreng bersama daun rempah-rempah yg beraroma harum dan menggugah selera, bila anda berada di Aceh jangan lupa cicipi kuliner khas Aceh ini di restoran/rumah makan disekitar Kota Banda Aceh, antara lain di Jln.Iskandar Muda ataupun Jl.Ratu Safiatudin, Kota Banda Aceh.

28 March 2011

26 March 2011

Cae?

Selesai ngerjain tugas statistika *anak gadis yang jomblo ini malam minggu kerjanya ngerjain tugas, huhuhu* aku mau nonton sinetron Putri Yang Ditukar di RCTI, mau lihat si Tirta, manisnya bi Surti :D *heii aku ngefans sama Lucky Perdana lhooo...* tapi aku malah nggak bisa nonton ni! U know why? Tipi udah dikuasain sama Ayah ku yang lagi nonton orang baca hikayat di Aceh TV :s



25 March 2011

Peucut Kerkhof

Kerhof berasal dari bahasa Belanda yang artinya kuburan. Sedangkan Peucut berasal dari kata Pocut (Putra Kesayangan) Sultan Iskandar Muda yang dihukum oleh ayahnya sendiri karena melakukan kesalahan fatal dan dimakamkan ditengah-tengah perkuburan ini. Sehingga penggabungan nama Peucut Kerkhof dikenal sebagai situs sejarah peninggalan Belanda di areal seluas 3,25 hektar. Pada relief dinding gerbang tertulis nama-nama serdadu Belanda yang tewas dalam pertempuran melawan masyarakat Aceh. Sekitar 2200 tentara dan 4 jenderal Belanda dikuburkan di tempat ini sejak 1883 hinga tahun 1940.

24 March 2011

Martabak Aceh, enaaakk! :D

Ujan2 gini kayaknya enak kalau makan martabak Aceh nii... Photobucket 


Kalau di Banda Aceh, pengen martabak ini, nyarinya gampang koq, soalnya banyak yang jualan di pinggir2 jalan atau di warung2 kopi tapi aku malas keluarnya nih, kan ujan :(

Oiaaa, ngomong2 apa sih bedanya sama martabak Aceh sama martabak biasa?

20 March 2011

Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana


Pusat Riset Mitigasi Bencana dan Tsunami atau Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) adalah pusat penyediaan data, informasi, riset, training, konsultasi dan segala aspek keberencanaan dalam rangka menuju masyarakat Aceh siaga bencana.

Lembaga yang berada di bawah naungan Universitas Syiah Kuala ini terletak di Ulee Lheue, Banda Aceh. Kehadirannya atas prakarsa Pemerintah Aceh yang dirancang khusus untuk pusat pendidikan manajemen bencana bertaraf internasional yang didukung penuh oleh ratusan doktor dari kalangan akademisi.

Selain berfungsi sebagai lembaga riset, gedung ini juga berfungsi sebagai bangunan penyelamatan diri dari tsunami atau bencana alam lainnya.

17 March 2011

Pusat Dokumentasi



Jalan Prof. A. Majid Ibrahim, Banda Aceh

16 March 2011

Pendopo Gubernur Aceh (Meuligo)


Pendopo Gubernur Aceh ini dibangun pada tahun 1880 M di bekas peninggalan kerajaan Sultan. Pendopo merupakan salah satu pembangunan awal kolonial Belanda di Aceh. Pendopo ini awalnya merupakan bangunan bekas kediaman gubernur Belanda dan sekarang menjadi Rumah Dinas Gubernur Aceh. 

15 March 2011

Mie Aceh

 

pasti udah sering dengar kan makanan yang satu ini?
yap, mie Aceh...
udah pernah mencicipi mie ini?
udah dund... :D

Mie Aceh sama seperti mie-mie dari daerah lain, menggunakan bahan dasar mie kuning yang gede-gede. Bedanya adalah di bumbu penyedap dan pernak-pernik makanan pendampingnya. Mie Aceh ini ada beberapa pilihan memasaknya, seperti digoreng, digoreng basah, direbus, ditumis, dll, tetapi soal rasa adalah sama yaitu penuh dengan rempah-rempah asli Nusantara. Pedas jelas, karena merica maupun bahan rempah-rempah lain yang khas Aceh rasanya jadi lebih enak. Sebagai teman mengudap mie Aceh, biasanya disajikan emping, potongan bawang merah yang sudah dimasak, kacang dan timun. Maknyussss laa! :D
 
pengen tahu rasanya???
silahkan dicicipi ajaa...

14 March 2011

Kuah Pliek!

Aku lapaaaaar! jadinya pas pulang ke rumah dari kampus langsung lihat ke dapur, mamak masak lauk apa hari ini yaa. dan ternyata ada Kuah Pliek! Pernah cuba tak? Kuah atau gulee pliek ini adalah makanan khas Aceh. Kalau nggak salah, pliek itu dari ampas minyak kelapa yang dikeringkan secara tradisional. Enak laa rasanyaaa :D



Cara bikinnya lumayan mudah kayaknya, walaupun aku nggak pernah nyoba bikin sendiri sih, hihi :D

13 March 2011

Picnic ke Pasir Putih (Lhokme)

Dalam rangka mengikuti MEC's Picnic dari jurusanku, kami pergi mengunjungi salah satu pantai di Aceh Besar yang terkenal dengan pasir putihnya, Lhokme. Kalau dari arah kota Banda Aceh, jalan aja lewat jalan yang mau ke ujung batee. Tempatnya emang lumayan jauh dari kota, trus naik turun juga nih, cape di perjalanannya, tapi stelah sampai kesana nggak akan nyesal deh udah datang karena kita bisa lihat a beutiful beach like this:

  

12 March 2011

Visit Banda Aceh

These are some of nice picture from Lagak That Banda Aceh:










Welcome to my beloved city, BANDA ACEH :)

10 March 2011

Agenda Visit Banda Aceh 2011


Mungkin banyak yang bertanya-tanya, emangnya ada event apa aja di Banda Aceh tahun 2011 ini sampai-sampai kita diharuskan untuk visit Banda Aceh? Nah ini dia agenda-nya:

08 March 2011

Lomba Blog dan Menulis Visit Banda Aceh 2011

Visit Banda Aceh Banda Aceh Year 2011, adalah sebuah momentum untuk memperkenalkan Aceh ke level nasional dan internasional. Bukan hanya tempat wisata, masih banyak kekayaan Aceh yang harus diperkenalkan kepada dunia. Seperti keunikan budaya, bahasa, sejarah dan bahkan makanan Aceh yang memiliki cita rasa yang luar biasa.

Peran sosial media, seperti blog, merupakan salah satu kunci suksesnya program Visit Banda Aceh Year. Karena itu, menyambut Program Visit Banda Aceh Year 2011 ini, kami mengadakan lomba blog dan website Visit Banda Aceh Year 2011, bagi seluruh lapisan masyarakat Aceh.

03 March 2011

Masjid Agung Al-Makmur (Oman)


Masjid Al-Makmur Lampriet yang merupakan Masjid Agung Kota Banda Aceh, bantuan kesultanan Oman yang diresmikan pada 19 Mei 2009 oleh walikota Banda Aceh Mawardi Nurdin. Masjid yang dibangun dengan dana hibah dari Kesultanan Oman itu sekitar Rp 17 miliar ini terletak di Jalan Moehammad Daud Beureueh, Lampriet, Banda Aceh.