26 March 2011

Cae?

Selesai ngerjain tugas statistika *anak gadis yang jomblo ini malam minggu kerjanya ngerjain tugas, huhuhu* aku mau nonton sinetron Putri Yang Ditukar di RCTI, mau lihat si Tirta, manisnya bi Surti :D *heii aku ngefans sama Lucky Perdana lhooo...* tapi aku malah nggak bisa nonton ni! U know why? Tipi udah dikuasain sama Ayah ku yang lagi nonton orang baca hikayat di Aceh TV :s



Judul acaranya itu Cae Bak Jambo. Ada 2 orang bapak2 duduk2 di atas jambo, yang satunya baca hikayat2 Aceh atau cerita apa aja tentang Aceh, sering juga isinya kritikan dan saran untuk pejabat2 tinggi di Aceh. Bapak yang satunya lagi nantinya mengomentari tentang hikayat yang udah dibaca bapak pertama tadi. Lebih kurang yaa begitulah acaranya. Nah, mantabnya itu, hikayat yang menggunakan bahasa Aceh itu dibacakan dengan nada, ada iramanya gitu. Kadang2 isi ceritanya lucu sampai buat Ayahku ketawa2 dengarnyaaa ~~

ACEH TV sebagai sebuah televisi local di Aceh, yang memiliki komitmen sebagai icon pelestari seni dan budaya aceh, bertekad membangkitkan gairah kreatifitas masyarakat dalam melestarikan seni dan budaya melalui program acara yang diberi nama “CA’E BAK JAMBO”.


Salah satu kesenian aceh yang cukup digemari sampai sekarang adalah seni ber ca’e. Dalam sastra Aceh, cerita prosa dikenal dengan istilah haba, sedangkan bentuk puisi disebut ca’e. Ca’e dalam seni sastra Aceh secara tradisional dikenal beberapa bentuk, baik yang diterima dari tradisi Melayu maupun yang dikembangkan dari konvensi puisi Arab, di samping puisi-puisi asli Aceh. Seni bersyair ini kerap kita temui dalam ragam aktivitas tradisional masyarakat aceh. Namun sayang, khasanah tradisi masyarakat yang sarat kreatifitas ini kurang mendapatkan perhatian dalam usaha pelestariannya.
 
Program acara bersyair/berpuisi ini, digarap dengan kemasan yang atraktif dan edukatif, sehingga menjadi tontonan yang menghibur sekaligus memberi manfaat bagi pemirsanya. 

Nah, bagi yang mau nonton, acara ini tayang setiap hari Sabtu Pk. 20.00-22.00 WIB di Aceh TV pastinya. :)

4 comments:

  1. keren
    bisa nih jadi tontonan baru sayaa :D

    ReplyDelete
  2. wah gak nyampe dirumah saya nih, heee

    ReplyDelete
  3. rumahnya dimana yaa?
    streaming aja, hhe

    ReplyDelete
  4. nice post sis.,,^^

    ihsansaidi.blogspot.com:)

    ReplyDelete