24 March 2011

Martabak Aceh, enaaakk! :D

Ujan2 gini kayaknya enak kalau makan martabak Aceh nii... Photobucket 


Kalau di Banda Aceh, pengen martabak ini, nyarinya gampang koq, soalnya banyak yang jualan di pinggir2 jalan atau di warung2 kopi tapi aku malas keluarnya nih, kan ujan :(

Oiaaa, ngomong2 apa sih bedanya sama martabak Aceh sama martabak biasa?
Kalau dilihat-lihat sekilas bentuk martabak ini mirip telur dadar atau omelet. Martabak Aceh tidak memiliki kulit. Telur langsung diaduk dengan bahan-bahan dasar  yang terdiri rajangan daun kol, bawang bombai, daun bok (daun bawang khas Aceh), dan cabe rawit. Semua bahan dikocok dengan telur, dipadu dengan garam dan merica.
 
Cara masaknya kira2 gini:
Pertama adonan tepung digoreng dahulu hingga berbentuk seperti Roti Cane berbentuk segi empat. Setelah adonan Cane ini cukup garing, barulah kocokan telur dan rajangan daun bawang dituangkan ke atas adonan kulit tadi hingga kocokan telur tadi membungkus adonan Cane. Lucu yaa, kocokan telur yang membungkus adonan tepung, bukan adonan tepung membungkus kocokan telur :D
 
Martabak Aceh disajikan dengan pacri bawang merah, cabe rawit dan mentimun.
gimana? penasaran mencoba? Datang yuk ke Aceh! yaa yaaaaaaaaa, dijamin enak :D

8 comments:

  1. jiaaah masa gak tau -,-
    tanya sama si son pasti tau dia
    hahaha

    ReplyDelete
  2. Saya mau ke Aceh!!! Bayarin tiket pesawat saya ya? :o

    ReplyDelete
  3. kayaknya enak nih, sayang cuma bisa nikmatin gambarnya aja :(

    ReplyDelete
  4. Enakan mana ya sama martabak Banjarmasin ??

    ReplyDelete
  5. assalam'mualaikum wr wb.

    kakak, kasih tau aq dong cara membuat adonan tepung yang didalam telor itu

    ReplyDelete