21 September 2011

Banda Aceh Kota Hijau

Jalan depan Mesjid Raya Baiturrahman
Seiring dengan perkembangan zaman, sejumlah areal di perkotaan kini telah dipadati oleh bangunan gedung-gedung, baik pertokoan, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Lahan yang seharusnya menjadi ruang hijau akan semakin berkurang. Ini menjadi sangat memprihatinkan dari hari ke hari. Oleh sebab itu kepedulian terhadap lingkungan sekitar terhadap issue global sangatlah diperlukan agar terus tercipta lingkungan hidup yang hijau, alami, bersih, serta terhindar dari bahaya global warming.

Taman di pinggir Krueng Aceh

Dalam lomba yang bertajuk Indonesia Green Region Award (IGRA) yang diselenggarakan oleh Kantor Berita Radio KBR68H bersama Majalah SWA tahun ini, Banda Aceh termasuk dalam lima kota yang dinobatkan sebagai daerah terhijau di Indonesia selain Surabaya, Yogyakarta, Denpasar dan Palangkaraya.


Di Banda Aceh sendiri hampir di setiap pinggiran dan pembatas jalan ditumbuhi pohon. Selain itu juga terdapat taman dan hutan kota. Alhamdulillah sampai saat ini tidaklah sulit mencari tempat yang teduh di seputaran Kota Banda Aceh. 


Kota Banda Aceh memiliki sistem tata ruang yang jelas sehingga tidak terjadi kehilangan ruang hijau sehingga kondisi kota diharapkan tetap terjaga. Pemko talah membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) dibeberapa kawasan, sekaligus tempat wisata.


Tanaman dan tumbuhan yang ada berfungsi sebagai pemancar oksigen bersih, menjaga kualitas air, dan penyaring debu polusi udara yang dikeluarkan dari kendaraan-kendaraan. Sehingga masyarakat kota Banda Aceh masih dapat merasakan udara yang segar tanpa polusi.

Taman dan hutan kota merupakan salah satu komponen ruang terbuka hijau. Keberadaannya sangat berfungsi sebagai sistem hidrologi, menciptakan iklim mikro, menjaga keseimbangan oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2), mengurangi polutan, dan meredam kebisingan. Selain itu, berfungsi juga untuk menambah nilai estetika dan keasrian kota sehingga berdampak positif terhadap kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat

Hutan Kota
Jalan Teuku Umar
Jalan Sultan Alaiddin Mahmudsyah

12 comments:

  1. wah, ternya di aceh pemandangannya jauh lebih bagus dibandingkan dengan kota dimana saya tinggal sob. :(

    ReplyDelete
  2. aduh keren banget nih aceh sekalipun aku belum pernah kesana loh :(

    ReplyDelete
  3. semoga ttp terjaga ya keasrian dan kebersihannya, sehingga bisa dicontoh sama kota lain . .
    makasih infonya ^^

    ReplyDelete
  4. askm.

    Bagus sekali catatan info dan foto. Saya akan ke sana minggu ini 25/9/11 dan akan upload foto2 di blog saya. Alangkah bagus sekiranya kita bisa ketemu

    ReplyDelete
  5. @Said Arsyad: makanya berkunjung ke Aceh yaaa :D

    @ihsan: terima kasih :)

    @Squarepants: nah makanya kalau ada liburan ke Aceh aja yaaa :)

    @Ladida: amiin, semoga... iyaa sama2, love to share about my beloved hometown ^^

    @ruggedmom: wa'alaikumsalam... terimakasih sudah berkunjung ke Aceh :)

    ReplyDelete
  6. Indahya, apalagi kalo sambil berolahraga en Olah Nafas yah?

    ada sangkut pautnya nih ama Menggali Khasiat Olah Nafas

    ReplyDelete
  7. Turut berbangga akan Aceh, sebagai serambi Mekah.. semoga semakin membanggakan Indonesia dalam berbagai hal. Terus up date info ya... :)

    ReplyDelete
  8. bersihnya... sejuk kali ya banyak pohon-pohon disekitar. saya belum ke Aceh. ternyata Aceh bagus lho :)

    ReplyDelete
  9. @Adamssein: hehe iyaa laah, makin sehat jugaa

    @bee: amin. oke :)

    @Chilfia: nah, visit Aceh yaa :)

    ReplyDelete
  10. Masih banyak bagian kota yang belum hijau. perlu upaya terus menerus untuk mencapai target Ruang Terbuka Hijau yang disyaratkan pemerintah. kami warga Banda Aceh terus akan mendukung..

    ReplyDelete