05 November 2011

Idul Adha 1432 H


Insyaallah besok kita akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau yang sering disebut dengan hari raya kurban dan hari raya haji. Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu hari spesial ini. Pada momen ini umat Islam menyembelih hewan korban untuk dibagi-bagikan kepada fakir miskin. Juga, umat Islam yang telah mencukupi syarat menunaikan Ibadah Haji ke Baitullah. Suatu ibadah yang telah dirintis oleh Nabi Ibrahim beserta putranya nabi Ismail. Sebagaimana yang kita ketahui tentang kisah nabi Ibrahim yang meninggalkan istrinya Siti Hajar dan putranya Ismail yang masih bayi di suatu lembah tandus jauh dari mana-mana. Bagaimana kisah Siti Hajar mencari air untuk menghilangkan dahaga dirinya dan anaknya, sampai kemudian terpancar sumber mata air zam-zam. Bagaimana kemudian nabi Ibrahim saat kembali menengok Siti Hajar dan anaknya Ismail, kemudian diuji untuk menyembelih anaknya, atas perintah Allah SWT. Dan perjuangan nabi Ibrahim saat hendak menyembelih Ismail. Sejarah itulah yang kemudian kita coba hayati dengan melakukan kurban dan ibadah haji.

Idul Adha memang dikaitkan dengan nilai sosial yang abadi dalam bentuk pengorbanan. Pengorbanan adalah suatu yg kita beri tanpa pamrih. Pengorbanan adalah konsekuensi atas sebuah cinta.  Pengorbanan adalah keikhlasan dan berbesar hati. Seseorang menjadi besar karena jiwanya besar, tidak ada jiwa besar tanpa jiwa yang punya semangat berkorban.

Walau ada rasa duka yang mendalam di hari raya kali ini karena ayahanda teman dekat saya sonia baru saja dipanggil oleh Allah SWT. Mungkin Idul Adha tahun ini saatnya teman saya harus mengorbankan kepergian ayahnya tercinta untuk kembali ke sisi-Nya. Karena memang tiada yang kekal di muka bumi ini. Ia akan meninggalkan kita, atau kita yang akan meninggalkannya.

Semoga ibadah kita diterima karena keikhlasan kita dalam berkorban.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1432 H
Minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin

5 comments:

  1. Innalillahi. semoga diberi ketabahan ya untuk sahabatnya.aamiin..:)

    ReplyDelete
  2. inalillahi. serius nel ? yaampun gue baru tau..

    ReplyDelete
  3. Inalillahi,semoga diberi ketabahan ya temen kamu
    Soalnya kemarin juga tetangga aku ada yang meninggal pas malam takbiran lebaran haji,tapi beliau meninggal dengan cara yang baik :)
    Dah aku follow ya blog kamu,gantian follow back balik ya

    ReplyDelete