02 December 2011

Escape Building (Gedung Penyelamatan)

Beberapa hari yang lalu kami mengunjungi salah satu escape building (gedung penyelamatan) yang ada di Gampong (desa) Lambung, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh. Gedung  ini merupakan tempat penyelamatan warga jika terjadi bencana alam, tsunami misalnya. Bangunan setinggi 10 meter ini juga berfungsi sebagai gedung serba guna, pusat aktivitas masyarakat untuk meningkatkan mata pencaharian dan sebagai pusat evakuasi bencana karena dikonstruksi tahan gempa dan tsunami dengan kapasitas 1000 orang.








Di kecamatan Meuraxa ada tiga gedung penyelamatan yang dibangun atas bantuan masyarakat Jepang, yaitu di  gampong Lambung,  Deah Alue Tengoh dan Gampong Deah Baro.

Desa Lambung sendiri telah ditetapkan sebagai kampung percontohan di Aceh karena memiliki penataan desa yang meminimalkan risiko bencana, berwawasan lingkungan, teratur dan partisipatif, dengan adanya escape building (gedung penyelamatan) lengkap dengan jalur penyelamatan dan rambu-rambu penunjuk arah.





MONUMEN TSUNAMI
GAMPONG LAMBUNG
“Ground Zero”
Minggu, 26 Desember 2011-12-01

Telah terjadi tragedi dahsyat, bencana alam gempa bumi dan gelombang tsunami yang melanda dan merengut 1230 korban jiwa dari 1500 jiwa di Gampong Lambung Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh.

Kepada orang tuaku, anak-anakku, istriku, suamiku, saudara-saudaraku, dan sahabat-sahabatku yang telah syahid, kalian tetap kuingat, kukenang, dan kudoakan.

“Selamat jalan" kami akan terus mengenang kepergianmu.

Gampong Lambung, 12 April 2005
a.n. Masyarakat Lambung




with sonia

Welcome December, end-month of the year that always reminds me about unforgetable disaster that happened on my beloved hometown. The earthquake and tsunami. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya.
Amin...


7 comments:

  1. Wow, yakin itu gedungnya tahan walopun kena hantaman gelombang tsunami? Fondasi bawahnya sih kuat, tapi bagian atasnya kan masih bisa hancur?

    ReplyDelete
  2. gedungnya gimanaaa gitu yah :D jadi pengen kesana hihi

    ReplyDelete
  3. wah asik bisa liat aceh lagi. padahal belum pernah ke aceh seumur umur.

    ReplyDelete
  4. artikelnya bagus :)
    jadi pengen kesana ^^

    Kunjungi dan follow balik yaa www.faktakita.com
    thanks ;)

    ReplyDelete
  5. hy,,lam knal.....
    kunjung,,balik,,n follow ya,,,
    mkaciihh,,,^_^

    ReplyDelete
  6. Pengennya sih menikmati sunset dari atas escape building ini kalo pas senja. Tapi sebelum sunset udah sering disuruh turun sama muadzin masjid sebelah. Karena pas maghrib gak boleh diatas. haha..

    ReplyDelete
  7. mbak, bisa minta info lebih lenjut tentang kondisi sosial ekonomi masyarakat gampong Lambung. Buat tuga kuliah. Kalo bisa PM. E-mail : mcheetahm@yahoo.com, terimakasih.

    ReplyDelete