22 June 2012

Ratoh Duek

Sabtu (16/6) kemarin saya menonton adik saya yang mengikuti Putroe Phang School Festival di Putroe Phang Art and Music Weekend Show. Kali ini mereka menarikan Ratoh Duek, yang merupakan tarian tradisional Aceh. 


Ratoh berasal dari bahasa Arab rateb/ratip yang artinya melakukan puji-pujian dan doa kepada Allah SWT dan Nabi melalui syair yang diiramakan/dinyanyikan, sedangkan duek berasal dari bahasa Aceh yang artinya duduk. Jadi Ratoh Duek adalah kegiatan kesenian yang mengandung makna ibadah dan di lakukan secara duduk. Ratoh Duek ditarikan oleh perempuan, dengan dibantu alat musik Aceh bernama Rapai, dimainkan oleh laki-laki di luar penari. Ratoh Duek dinyanyikan oleh syeh yang melantukan syair berupa pantun nasehat. Gerakan dari tari ini tidak jauh berbeda dengan tari saman yang lebih dikenal oleh masyarakat.









Putroe phang Art & Music weekend show ini rutin diadakan setiap hari sabtu dan minggu pukul 16.30 di Taman Putroe Phang, Banda Aceh. Biasanya menampilkan tarian, musikalisasi puisi, operet, band perform dan berbagai kreasi anak nanggroe lainnya. Datang dan kunjungi yaa :)

3 comments: